PELAKSANAAN LOS SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA   

 

     Tanggal 27 Juli 2015 merupakan awal dimulainya tahun ajaran baru 2015-2016 bagi pendidikan Indonesia. Lembaga pendidikan disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menyambut peserta didik baru tak terkecuali SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA. Berbagai program telah disusun dengan cermat untuk mengadaptasikan serta menyiapkan peserta didik baru sebelum melaksanakan kegiatan PBM.
Pagi hari, kegiatan LOS peserta didik baru SMP MUHAMMADIYAH 6 Surabaya berbaris di lapangan sekolah untuk mengikuti apel pagi sekaligus upacara pembuka kegiatan LOS peserta didik baru tahun ajaran 2015-2016. Dengan bersikap tertib dan khidmat, peserta mengikuti apel pagi sampai selesai . Setelah mengikuti apel pagi, para peserta didik baru memasuki ruangan yang telah ditentukan untuk pelaksanaan LOS selama 3 hari.
Selama kegiatan LOS, peserta didik diberikan banyak informasi berkaitan lingkungan sekolah SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA. Tidak ada aksi perploncoan selama kegiatan LOS. Kegiatan difokuskan pada mempersiapkan peserta didik baru untuk menghadapi jenjang pendidikan SMP. Materi LOS yang disampaikan pun beragam, diantaranya :

  1. Pengenalan lingkungan sekolah
    Pengenalan lingkungan sekolah yang baru membantu peserta didik untuk beradaptasi. Pengenalan mengenai pemetaan ruang sekolah, tata letak, hingga fungsi ruang disampaikan kepada peserta didik baru. Peserta didik baru merasa senang dengan informasi yang didapat sehingga memudahkan mereka dalam menjalani kegiatan LOS selama tiga hari.
  2. Pengenalan program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah
    Dilaksanakan secara klasikal, pengenalan program pembelajaran ini dimaksudkan agar peserta didik baru memiliki gambaran mengenai PBM pada jenjang selanjutnya yaitu SMP dengan harapan peserta didik baru mampu beradaptasi dengan iklim pembelajaran baru. Selama proses pengenalan program pembelajaran tersebut, peserta didik baru nampak serius mengikuti setiap penjelasan yang diterima. Pengenalan program pembelajaran tersebut membangkitkan rasa keingintahuan peserta didik baru sehingga tak jarang peserta didik baru mengajukan pertanyaan.
  3. Pengenalan Budaya sekolah SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA
    “Lain ladang lain belalang” mungkin pepatah itu cukup mewakili tujuan dari kegiatan pengenalan budaya sekolah SMP MUHAMMADIYAH 6 Surabaya. Heterogenitas latar belakang budaya sekolah peserta didik baru sebelumnya akan menjadi pertimbangan bagaimana nantinya mengemas dan menjadikan budaya sekolah SMP MUHAMMADIYAH sebagai budaya yang adaptif bagi peserta didik baru tentunya tetap berlandaskan kekhasan dari VISI dan MISI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA.
  4. Pengenalan civitas Akademika SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA
    Pengenalan civitas akademika SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA juga merupakan bagian terpenting selama kegiatan LOS. Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang” kegiatan ini dimaksudkan agar peserta didik baru bisa mengenal dan membangun komunikasi dengan calon pendidik mereka. Degan terjalin komunikasi antara keduanya maka diharapkan nantinya akan menjadi faktor pendukung proses belajar mengajar.
  5. Pengenalan kegiatan intra dan ekstra sekolah.
    Pengenalan kegiatan intra dan ekstra sekolah dimaksudkan agar peserta didik mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Beberapa contoh kegiatan intra sekolah yaitu, tapak suci, tahfidz Quran, HW dan IPM. Sedangkan kegiatan ekstra sekolah meliputi, futsal, bulu tangkis, IT club, robotika, arabic club, english club, jurnalistik dan lainnya. Tak jarang, beberapa even perlombaan diikuti dari kegiatan ekstra dan intra sekolah ini berbuah hasil dengan predikat juara baik tingkat kecamatan, tingkat kota maupun tingkat regional

    Pada tanggal 29 Juli 2015, setelah melaksanakan sholat dhuhur berjamaah kegiatan LOS SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA ditutup. Ustadz Husain M Zahri S.Pd.I selaku KaUrKesiswaan memberikan beberapa nasehat untuk memotivasi peserta didik baru untuk meningkatkan kemampuan diri dan menumbuhkan sikap bersungguh-sungguh dalam belajar.

 

 

By. Ustad Ivan Kurniawan, S.Pd