Tausiyah Musix

KENAPA QS. AL BAQARAH : 255 DISEBUT AYAT KURSI ?

Oleh : Ustad Ganjar Indrawan, S. Pd

Para ulama bersilang pendapat untuk menjawab pertanyaan ini. Ada ulama yang berpandangan bahwa kata kursi berarti arasy. Ada pula yang menyatakan suatu tempat di muka arasy. Hal ini dikarenakan ayat ini menjelaskan tentang sifat dan kedudukan Allah di arasy.
Ibnu katsir berpendapat bahwa kata ‘kursi’ dalam ayat ini bukan arasy, sebab arasy lebih besar dari itu. Teuku Muhammad Hasbi Ash-shiddieqy menjelaskan istilah ‘kursi’ merupakan kiasan dan tamsilan (perumpamaan) bagi kebesaran dan keagungan Allah. Makna kursi disini adalah sesuatu yang di dalamnya memuat langit dan bumi. Hal ini sesuai dengan kandungan dalam ayat tersebut.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda ” tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah). ”
Sufyan Ats-Tsauri berkata, ” sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi. ” (HR. At-Tirmidzi)

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

Leave a Reply