LDKS

LDKS (LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA) MUSIX 2018/2019

 

SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, Kamis-Jumat (27/28 sep) menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi siswa kelas VII di Hotel Permata Biru, Trawas. Kegiatan ini sebagai wadah untuk membentuk dan mengembangkan karakter kepemimpinan para peserta dalam berorganisasi.

Kepala SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, Ustad Dikky Syadqomullah dalam sambutannya menyampaikan 3 hal dalam LDKS. Pertama, siswa harus bisa mandiri, hal ini mengandung arti bahwa setiap anak harus bisa menyesuaikan diri dalam keadaan apapun dan bagaimanapun. Kedua, siswa harus bisa bersinergi, maksudnya setiap individu maupun kelompok harus bisa saling berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik. Ketiga, siswa harus berakhlak mulia, maknanya setiap anak akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Tiga poin ini menjadi acuan guna menjadi pemimpin di masa depan.

Tema yang diusung kegiatan LDKS SMP Musix 2018 adalah “tholabul ilmi bissho’bi wan nasyath” yang bermakna mencari ilmu dengan susah, semangat dan bergembira. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari menyiapkan diri menjadi pemimpin dan pelajar yang tangguh. Selain itu, peserta juga dibekali untuk menjadi generasi islam milenial yang tidak mudah dilemahkan teknologi.

 

Tidak lengkap rasanya jika LDKS hanya berisi pembekalan materi saja. Ustad Sulaiman selaku pembina kepanduan Hizbul Wathan (HW) bersama para pengurus IPM menyiapkan outbond. Wahyu Fajar, salah satu siswa 7A merasa senang dan tertantang dengan beragam permainan yang ada pada outbond.

“Permainannya asik dan menantang. Yang paling seru itu saat main basah-basahan lalu berenang.” ujarnya

Leave a Reply