PPDB 2018-2019

DIARY’S FORTASI MUSIX CERIA

Fortasi adalah Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini bertujuan mengenalkan siswa dengan lingkungan sekolah yang baru. Dengan adanya Fortasi, diharapkan siswa lebih nyaman dan siap mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Fortasi dilaksanakan diawal tahun ajaran baru, selama 5 hari. Mulai dari tanggal 16-20 Juli 2018 dan bertempat di Perguruan Muhammadiyah Kemlaten Surabaya.

***

-Senin 16 Juli 2018, Hari ke 1-

            Kegiatan pembukaan Fortasi diawali dengan Upacara yang serentak dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah 22, SMP Muhammadiyah 6, SMA Muhammadiyah 4, dan SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Upacara berlangsung dengan khidmat. Kami memasuki kelas, dan bertemu dengan Ustadz Sulaiman, Ustadz Barriq, Ustadz Purnomo, dan Ustadzah Afika, serta para kakak pengurus IPM. Kami diajari do’a sebelum memulai pembelajaran, lagu Sang Surya, Mars SMP Musix, Leadership, dan permainan. Kami bermain dengan membuat kelompok, yang akan menyelesaikan 10 tantangan dari kakak pengurus IPM. Bila satu tantangan telah selesai, kami akan mendapatkan satu huruf, yang nanti akan membentuk kata “MUSIX CERIA”.

            Kami juga melaksanakan sholat Dhuha dan Dhuhur berjama’ah, di Masjid Dakwah. Setelah melaksanakan sholat Dhuha adalah beristirahat. Kami membeli makanan di Kantin Sehat. Sedangkan apabila selesai melaksanakan sholat Dhuhur, kami berdo’a setelah sholat, disambung dengan do’a kafaratul majelis, dan waktu pulang.

***

-Selasa, 17 Juli 2018, Hari ke 2-

Kami berdo’a sebelum mengawali pembelajaran. Untuk permulaan hari, kami berkenalan dengan lebih banyak kakak pengurus IPM. Mereka semua lucu dan sangat baik hati. Mereka meminta kami untuk melanjutkan tantangan yang kemarin. Kami berlomba-lomba untuk saling mendahului. Kami juga bertemu dengan Kakak dari Official Commersil Broadcast SMP Musix, yaitu Equator Pictures. Mereka mengajari kami sedikit dasar membuat film. Mereka juga menontonkan sebuah film hasil karya mereka.

Kami sholat Dhuha, kemudian kami beristirahat, dan mendapatkan sedikit materi dari Ustadz yang lain. Lalu kami menjalankan sholat Dhuhur dan pulang.

***

-Rabu, 18 Juli 2018, Hari ke 3-

Hari ini kami akan melaksanakan tes Psikologi. Kami diberi sebuah buku (semacam Tiki), dan kertas buram yang berisi pilihan jawaban. Kami menyelesaikan soal itu dengan intruksi dari Ustadz. Selanjutnya kami mendapat materi dari Ustadz Sulaiman. beliau bercerita, sehingga ada beberapa yang mengantuk. Beliau memperingatkan, “Yang tidur saya do’akan cepat didatangi malaikat lho, supaya hidupnya bermanfaat,” seketika, kami semua langsung terbangun. Beliau menyuruh kami mengumpulkan sebanyak mungkin biodata Ustadz dan Ustadzah. Saat di UKS, salah satu dari kami melihat Ustadz Ganjar yang sedang bersantai. Kami meminta biodata beliau. Namun, Ustadz itu hanya memberikan nama dan tanda tangan. Salah satu dari kami merasa kesal, sehingg mereka membalik kata-kata Ustadz Sulaiman kepada Ustadz Ganjar. teman-teman yang ada disitu tertawa.

Selanjutnya kami mendapat pembelajaran dari Anggota Pimpinan Cabang IPM Karangpilang, yang bernama Ipmawati Isnaini dan Ipmawati Jasmine. Kami mendapat banyak sejarah IPM. Diakhir presentasi, Ipmawati Isnaini memberikan kuis, dan yang bisa menjawab akan mendapatkan pin IPM . Kami juga mempelajari latar belakang berdirinya Muhammadiyah bersama Ustadz Purnomo. Beliau membuat drama singkat bersama Kakak pengurus IPM, lalu menyuruh kami menyimpulkan latar belakang berdirinya Muhammadiyah dari cerita tersebut. Selanjutnya sholat Dhuha, sholat Dhuhur, dan pulang.

***

-Kamis, 19 Juli 2018, Hari ke 4-

Kami memasuki sekolah dengan perasaan tegang. Mengapa? Karena hari ini akan diadakan imunisasi. Suasana kelas menjadi kaku, tapi, Kakak IPM berusaha mencairkannya dengan permainan. Kami bermain “Sedang Apa”, dengan kelompok putra melawan kelompok putri.  Setelah itu, kami mendengarkan cerita dari Ustadz Husein tentang ibu. Kami mendengarnya dengan penuh haru. Selanjutnya kami sholat Dhuha dan istirahat.

Berikutnya adalah imunisasi. Kami semua berpandangan takut. Ada tiga anak yang tidak diimunisasi, karena tidak diizinkan oleh orang tuanya. Ada salah satu teman laki-laki, ia sangat takut diimunisasi. Ia bahkan menyembunyikan formulir imunisasi. Kakak IPM berusaha membujuknya, bahkan Ipmawan Bisma sampai memberikan uang jajannya dengan syarat bahwa anak itu harus imunisasi tanpa menangis. Ia setuju.

Pertama-tama, anak putra terlebih dahulu, selanjutnya anak putri. Begitu memasuki ruang imunisasi, semua saling menggenggam erat tangan temannya. Ada juga tes mata, telinga, dan tenggorokan. Selesai imunisasi, kami dizinkan untuk melanjutkan tantangan. Sampai sudah ada kelompok yang sudah menyelesaikan tantangan. Saat adzan berkumandang, kami sholat Dhuhur dengan sedikit kesulitan, karena tangan kami masih terasa sakit. Namun semua berjalan lancar hingga waktu pulang.

***

-Jum’at, 20 Juli 2018, Hari ke 5-

Hari ini, kami memakai baju olahraga. Kami juga membawa tanaman, karena akan diadakan kegiatan “Green and Clean”. Tanamannya pun beragam, kelas VII putra membawa Pangkas Mas, VII putri membawa Lili Paris, VIII dan IX membawa tanaman Li Kuan Yu. Sebelum memulai bercocok tanam, kami melakukan pemanasan dan senam terlebih dahulu. Ada senam anak gembira, senam penguin, dan senam poco-poco. Ada juga pembagian hadiah permainan tantangan untuk mengumpulka kata “MUSIX CERIA”.

Kami dibantu Ustadz Barriq bercocok tanam. Semua berjalan normal, hingga salah satu dari kami membuka polybag terakhir, semua langsung berteriak. Terlihat tiga cacing yang sangat besar dan kodok. Ustadz Barrig langsung menutupinya dengan tanah. Semua kembali normal.

Kami diperbolehkan istirahat lebih lama. Teman putra pindah kelas di lantai dua. Suasana kelas menjadi sepi. Kami bermain-main sendiri. Tak terasa adzan berkumandang. Kami segera membereskan semuanya, lalu mengambil air wudhu. Kami sholat disebuah ruangan lain, Karena masjid dipakai untuk sholat Jum’at. Kami juga mendapatkan kartu berhalangan, kartu untuk putri yang sedang berhalangan sholat. Kami berdo’a dan pulang. (Nasya-7B)

***

Leave a Reply